Home » Kuliah » Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek » Pengertian Beberapa Istilah Dasar pada Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek

Pengertian Beberapa Istilah Dasar pada Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek

Berikut beberapa istilah dasar yang mungkin dapat membantu kita mengenal lebih dekat tentang Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek (APSBO) tanpa mengacu langsung dengan sebuah bahasa pemrograman tertentu.

Inheritance

Sebuah Class dapat terdefinisi melalui hubungan dengan class yang lainnya yang telah terdefinisi sebelumnya. Dan pendefinisian tersebut melalui sebuah cara yang disebut dengan inheritance atau penurunan. Inheritance sendiri adalah pewarisan atribut dan method pada sebuah superclass kepada sebuah subclass. Setiap subclass akan mewarisi state (variabel-variabel) dan behaviour (method-method) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi (override) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
Keuntungan Inheritance:
Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.

Data abstraction

Abstraksi sendiri adalah suatu cara untuk melihat suatu objek tertentu dalam bentuk yang lebih sederhana. Dengan abstraksi, suatu sistem yang kompleks dapat dipandang sebagai kumpulan subsistem-subsistem yang lebih sederhana sehingga memudahkan seseorang untuk mengerjakannya. Sehingga data abstraction (abstraksi data) adalah abstraksi yang diimplementasikan pada struktur data tertentu.

Kelebihan Data abstraction:
Memudahkan seseorang dalam penggunaan struktur data tertentu.

Reflection

Refleksi adalah kemampuan program computer memeriksa dan memodifikasi sebuah struktur dan kebiasaan program (meta data, fungsi, property) saat program tersebut tengah berjalan.
Kelebihan:
Seseorang dapat mengetahui titik kesalahannya saat menjalankan program, baik pengetikan fungsi, dan inisiasi.Refleksi adalah kemampuan program computer memeriksa dan memodifikasi sebuah struktur dan kebiasaan program (meta data, fungsi, property) saat program tersebut tengah berjalan.
Kelebihan Reflection:
Seseorang dapat mengetahui titik kesalahannya saat menjalankan program, baik pengetikan fungsi, dan inisiasi.

Polymorphism

Polymorphism artinya memiliki banyak bentuk. Dua buah objek dikatakan polimorpis jika keduanya memiliki antarmuka(tampilan) yang sama namun memiliki perilaku-perilaku yang berbeda. Sedangkan dalam pemrograman, polymorphism adalah kemampuan dari suatu variabel referensi objek untuk memiliki aksi berbeda bila method yang sama dipanggil, dimana aksi method tergantung dari tipe objeknya.

Higher-Order

Higher-order adalah fungsi yang melakukan setidaknya salah satu dari berikut:
– Mengambil satu atau lebih fungsi sebagai input
– Menghasilkan fungsi
Kelebihan High-Order:
Memudahkan pengguna dalam memilih dan menentukan fungsi yang tepat untuk digunakan pada sebuah operasi pemrograman.

Traceability

Traceability adalah kemampuan memverifikasi sejarah, lokasi, dan cara penggunaan suatu benda, dengan cara melihat identifikasi yang telah tersimpan. Definisi umum lainnya, termasuk kemampuan (dan implementasi) melacak satu set atau jenis informasi yang diberikan pada tingkat tertentu.
Hubungan traceability dan maintainability adalah dalam sebuah sistem, sangat dibutuhkan sebuah track tertentu untuk melihat perubahan yang terjadi dari sistem tersebut. Dengan adanya traceability, maintenance sistem dapat dilakukan dengan mudah dengan mencocokan identifikasi track yang telah tersimpan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s