Home » IT » Cara Menginstall Windows XP

Cara Menginstall Windows XP

Untuk kali ini, saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara menginstall Windows XP. Teman-teman tentunya sudah tahunkan kalau Windows XP merupakan salah satu Sistem Operasi milik Microsoft Corporation yang tergolong sukses di pasaran sebelum adanya Windows 7. Walaupun keberadaannya sudah jauh di belakang Windows Vista, Windows 7, dan yang terakhir Windows 8, kemampuan Windows XP masih banyak digunakan oleh sebagian orang yang menyukai tampilan klasiknya dengan beberapa kelebihannya.

funny-Sushi-Windows-computer

Kemudahan yang dibawa oleh Windows XP banyak memikat hati para pengguna komputer sehingga eksistensi Windows XP sendiri tergolong berumur panjang mengingat banyak pengguna yang enggan beralih ke Sistem Operasi lainnya. Windows XP sendiri memiliki beberpa versi yaitu Windows XP Home Edition, Windows XP Professional Edition, dan lain-lain.

Sekarang saya akan memberikan sedikit panduan dan penjelasan bagaimana cara menginstall ulang Windows XP. Cara instalasinya tidak sesulit yang kita pikirkan kok, hanya butuh sedikit kesabaran saat instalasi dan penyalinan data. Berikut langkah-langkah untu menginstall Windows XP SP3 Professional:

1. Langkah pertama tentunya adalah kita harus memiliki ISO Windows XP yang akan kita install. Nah, kalau belum punya ISO tersebut, kita harus membeli di toko software komputer yang biasanya berbentuk kepingan CD. Dengan membelinya, sudah pasti akan ada Serial Number yang dibawa oleh ISO tersebut. Kalau ingin membeli yang original, bersiaplah untuk merogoh kantong lebih dalam, karena harga Windows XP original kurang lebih sekitar Rp. 650000. Namun kalaupun kita tidak punya uang sebesar itu, kita masih bisa membeli yang bajakan dengan harga yang cukup murah di toko software.

2. Langkah kedua adalah siapkan driver motherboard PC kita yang akan digunakan. Dan masukkan ISO Windows XP ke dalam CD-Room.

3. Langkah ketiga adalah restart komputer dan masuk ke sistem BIOS untuk mengatur prioritas booting utama adalah CD-Room. Hal ini dilakukan agar saat pertama kali komputer menyala dalam booting, hal yang akan dideteksi pertama adalah bagian CD-Room.

Cara Setting-nya adalah sebagai berikut:

a) Masuk BIOS, biasanya saat pertama kali menyalakan komputer langsung klik F2.

b) Akan muncul tampilan sebagai berikut:

0a

Kemudian pilih CD-Room drive, dan pada Second Booting Priority diisi dengan HDD atau Harddisk. Kemudian save dan restart kembali komputer kita.

4. Setelah kita merestart komputer, tunggu hingga muncul tulisan Press any key to boot from CD.  Kemudian tekan sembarang tombol untuk memulai proses instal Windows XP di dalam CD-Room.

5. Setelah kita menekan sembarang tombol, akan muncul tampilan Windows Setup sebagai berikut.

1

6. Tunggu sebentar hingga muncul tampilan menu Windows XP Professional Setup.

2

Di tampilan terdapat menu untuk melanjutkan instalasi. Ada beberapa pilihan di atas antara lain untuk setup, repair, dan keluar. Untuk melanjutkan instalasi, tekan Enter.

7. Setelah menekan tombol Enter, akan muncul tampilan Windows XP Licensing Agreement sebagai berikut.

3

Tampilan di atas adalah tampilan ketentuan apa saja yang telah diberlakukan oleh Microsoft Corporation agar kita setuju dalam penggunaan Windows XP. Untuk melanjutkan, tekan tombol F8 untuk menyetujui Agreement dari Windows.

8. Setelah kita menyetujui Agreement dari Windows, akan muncul tampilan menu partisi harddisk. Bila kita membiarkannya default, maka drive yang akan muncul hanyalah drive C: saja. Hal ini terjadi karena sebelumnya kita belum pernah mempartisi harddisk kita. Namun jika kita sudah pernah mempartisinya, maka akan ada lebih dari satu drive selain drive C:. Sebaiknya kita melakukan partisi agar data tidak bercampur dengan data-data Program di drive C: sehingga memudahkan kita untuk mencari data-data kita.

4

Untuk membuat partisi baru, tekan tombol C di keyboard, maka akan muncul tampilan pilihan berapa ukuran memori yang akan kita bagi.

9. Berikut tampilan screenshot untuk mengatur seberapa besar kita akan membagi harddisk kita dalam sebuah partisi di Windows XP.

5

Ketikkan kapasitas yang akan kita buat. Dalam contoh di atas, kapasitas maksimum harddisk yang tersedia adalah kurang lebih 10 GB. Kita bisa membaginya menjadi dua partisi dengan memasukkan jumlah partisi baru. Ingat ya, dalam tampilan dituliskan bahwa partition of size harus berada dalam satuan MB, jadi masukkan jumlah partisi baru dengan satuan MB, bukan GB. Sebagai contoh saya membaginya dengan 5000 MB. Kemudian tekan Enter.

6

10. Untuk melanjutkan instalasi, tekan Enter untuk membuat partisi dan melanjutkan instalasi Windows XP. Kemudian akan muncul tampilan baru seperti berikut.

7

Kita pilih salah satu, saya sendiri sering menggunakan Format the partition using the NTFS file system untuk memverifikasi partisi harddisk kita. Kemudian tekan Enter.

11. Setelah itu akan tampil proses drive C: yang sedang diformat seperti berikut.

9

12. Setelah proses format drive C: selesai, komputer akan melakukan peng-copy-an data dari CD master ke harddisk PC yang berada di drive C: seperti tampilan berikut.

11

13. Setelah pemindahan/peng-copy-an data telah seleasi, PC akan secara otomatis melakukan restart dan berada pada proses configuration.

12

14. Tunggu hingga PC kita melakukan restart dan muncul tampilan logo Windows XP.

13

15. Mulai dari sini, kita akan melakukan instalasi tahap kedua. Kita tinggal menunggu sebentar agar proses persiapan instalasi selesai.

15

16. Mulai dari sini, kita hanya perlu mengikuti petunjuk dan instruksi yang diberikan oleh Windows XP. Klik Next.

16

17. Akan muncul kolom nama dan organisasi. Isikan nama kita dan organisasi jika ada. Klik Next.

18

18. Maka akan muncul halaman registrasi. Masukkan serial number Windows XP kita.

20

19. Jika serial number kita cocok, maka akan lanjut ke menu berikutnya yaitu menu Computer Name and Administrator Password. Isikan nama Admin dan password sesuai keinginan kita.

22

20. Setelah mengisinya, (Administrator Password tidak diisi juga tidak apa-apa), maka akan muncul menu pengaturan zona waktu. Untuk Indonesia daerah Jakarta, pilih GMT+7.

23

24

21. Setelah mengatur zona waktu kita, tampilan selanjutnya yang akan muncul adalah seperti berikut.

27

Kita hanya tinggal menunggu kurang-lebih 30 menit untuk penyelesaian instalasi.

22. Setelah itu, kita akan dihadapkan dengan tampilan Network Settings. Untuk lebih mudahnya pilih saja Typical Settings dan klik Next.

28

23. Langkah selanjutnya adalah memilih apakah kita ingin menghubungkan PC kita dengan domain yang sudah kita miliki atau tidak. Untuk lebih mudahnya, pilih saja Workgroup.

29

24. Setelah itu, Windows XP akan melanjutkan instalasinya dan finalizing.

25. Jika sudah berhasil, akan muncul page Display Setting. Kemudian Klik OK.34

26. Kemudian akan muncul lagi tampilan Monitor Settings. Tinggal klik OK saja.

35

27. Inilah yang paling ditunggu, Windows XP logo muncul.

36

28. Mulai dari sini, akan ada beberapa pengaturan yang harus kita lakukan.

29. Untuk beberapa langkah kita tinggal meng-klik next saja. Namun ada beberapa pengaturan yang harus kita pertimbangkan dulu apakah harus diaktifkan atau tidak. Seperti Help protect your PC, jika kita menggunakan ISO bajakan, lebih baik tidak mengaktifkan fitur ini agar bajakan kita tidak diketahui oleh pihak Microsoft. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih Not right Now.

39

30. Untuk “Ready to Register with Microsoft?”, pengguna yang menggunakan ISO bajakan harus memilih “No, not at this time” agar tidak diketahui oleh pihak Microsoft.

42

31. Isian terakhir adalah nama pengguna yang akan memakai Windows XP. Isikan nama yang kita inginkan. Kemudian klik Next.

44

32. Langkah terakhir adalah klik Finish. Maka Windows XP siap untuk digunakan.

46

47

Sekian Tutorial Menginstall Windows XP ini, semoga membantu.

Sumber : Pengalaman Pribadi dan Berbagai Sumber di http://www.google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s