Home » IT » Cara Memasang Kabel Jaringan UTP Straight dan Cross

Cara Memasang Kabel Jaringan UTP Straight dan Cross

Kali ini saya akan memposting tentang bagaimana cara setting kabel UTP. Sekalian belajar juga lah, soalnya saya juga belum ahli bener dalam jaringan.

Kabel UTP

Nah, apa itu kabel UTP? Kabel UTP adalah kabel yang memiliki ciri khusus berinti banyak yang terbuat dari tembaga, berbahan isolasi plastik, dan tidak tahan terhadap panas. Kepanjangan dari UTP adalah Unshielded Twisted-Pair. Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda.

Fungsi kabel UTP sendiri yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang dari 100 Ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data. Untuk memaksimalkan fungsi kabel UTP, dalam instalasinya biasanya dilengkapi dengan pelindung berupa pipa plastik atau pipa alumunium.

Untuk memasangnya sebagai Stright dan Cross, kita membutuhkan beberapa peralatan sebagai berikut:

1. Tang Krimping dan Pemotong

Tang Krimping adalah sebuah alat untuk memotong kabel UTP dan menjepit ujung konektor. Dan Kabel Stripper berguna untuk mengupas kulit kabel UTP.

2. Kabel Tester

Kabel Tester adalah alat untuk menguji hasil krimpingan kita apakah sudah benar atau belum. Jika krimpingan kita salah, maka lampu pada Kabel Tester tidak akan menyala. Namun jika hasil krimpingannya benar, maka lampu akan menyala secara otomatis.

3. Connector RJ45

Connector RJ45 adalah konektor yang harus kita pasang pada ujung kabel UTP agar kabel UTP tersebut dapat terpasang pada port LAN.

4. Kabel UTP kategori 5

Nah, saatnya mengetahui urutan dan susunan kabel UTP yang ada pada Jenis Stright dan Cross.

*Stright:

Untuk susunan Stright yang biasanya digunakan untuk menghubungkan dua device/perangkat yang berbeda (komputer PC dengan switch, Laptop dengan hub, dan komputer dengan Router seperti TP-Link), susunannya adalah

Susunan Stright Ujung A

1. Putih Orange

2. Orange

3. Putih Hijau

4. Biru

5. Putih Biru

6. Hijau

7. Putih Coklat

8. Coklat

Susunan Stright Ujung B

1. Putih Orange

2. Orange

3. Putih Hijau

4. Biru

5. Putih Biru

6. Hijau

7. Putih Coklat

8. Coklat

*Cross:

Susunan Cross digunakan untuk menghubungkan dua device/perangkat yang sama (menghubungkan komputer PC dengan komputer PC, menghubungkan Laptop dengan Laptop, Laptop dengan Komputer, Switch dengan Switch, dan Hub dengan Hub), dan susunannya adalah

Susunan Cross Ujung A

1. Putih Orange

2. Orange

3. Putih Hijau

4. Biru

5. Putih Biru

6. Hijau

7. Putih Coklat

8. Coklat

Susunan Cross Ujung B

1. Putih Hijau

2. Hijau

3. Putih Orange

4. Biru

5. Putih Biru

6. Orange

7. Putih Coklat

8. Coklat

Jika sudah mengetahui susunan pada jenis-jenis UTP Stright dan Cross, selanjutnya adalah cara pemasangan dan krimping dari Kabel UTP.

1. Potong ujung kabel UTP kira-kira 2 cm dengan menggunakan Tang Krimping dan lepaskan kulit kabel dengan menggunakan Kabel Stripper.

Petunjuk penggunaan Kabel Stripper:

Cara memotong mengguakan Kabel Stripper seperti gambar di bawah ini:

Trik Cara Memasang Kabel UTP serta Mengupas Kabel UTP dengan Alat Pemotong

Hasil setelah dikupas:

2. Setelah itu tinggal melakukan penyusunan kabel apakah akan dijadikan Stright atau Cross. Jangan lupa lihat susunannya pada gambar jenis susunan UTP di atas tadi ya!

3. Setelah disusun dan disejajarkan, masukkan hasil susunan tadi ke dalam connector RJ45, pelan-pelan ya agar susunan kabelnya tidak berubah!

Trik Cara Memasang RJ45 Kedalam Kabel UTP dengan Susunan Cross dan Straight

4. Lakukan Krimping dengan menggunakan Tang Krimping. Tekan Tang Krimping dan pastikan semua pin (kuningan) pada connector RJ45-nya sudah menggigit tiap-tiap kabel UTP.

5. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lainnya.

6. Langkah terakhir adalah mengecek apakah kabel yang kita krimping sudah bekerja dengan baik atau belum. Caranya tentu saja dengan memasukan tiap-tiap ujung kabel UTP yang sudah terpasang pada connector tadi ke dalam port Cable Tester. Lihat apakah nyala lampu LED sudah sesuai dengan urutan kabel yang kita pasang atau belum!

Di bawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang sudah terpasang dengan connector RJ45 dengan benar dan yang masih salah. Kabel yang sudah terpasang dengan benar adalah kabel dengan selubungnya (warna hijau) ikut masuk ke dalam konektor.

Semoga bermanfaat untuk kita semua….

Source:

One thought on “Cara Memasang Kabel Jaringan UTP Straight dan Cross

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s