Home » IT » Cara Mengganti Default Save Folder untuk Ms. Office

Cara Mengganti Default Save Folder untuk Ms. Office

How are you today?
Kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara setting lokasi default untuk menyimpan file di Ms. Office.

10420630-3d-illustration-of-folder-icon-with-zip-over-white-background

Bagi yang sering menggunakan Ms. Windows terutama Ms. Office pasti sudah tahu jika saat akan menyimpan file, lokasi default yang muncul pertama adalah My Document. Hal ini sebenarnya tidak berpengaruh apapun pada isi file yang akan disimpan, namun ada sebagian orang yang sudah menyiapkan folder tersendiri untuk file-file yang akan mereka simpan selain di My Document. Nah, ada kalanya orang-orang tersebut merasa waktu mereka terbuang sedikit hanya karena mereka harus mencari tempat/lokasi penyimpanan folder yang akan mereka gunakan tersebut. Jadi, maksud dari artikel kecil ini adalah membuat default save folder bukan lagi di My Document, melainkan folder yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Berikut penjelasannya:

1. Saat pertama kali akan menyimpan dokumen dari Office, yang akan muncul adalah kotak dialog penyimpanan seperti biasa yang mengalamatkan pada Documents Library. Hal ini menandakan bahwa penyimpanan default-nya masih berada di Documents Library.

1

2. Untuk melakukan perubahan agar defaultnya berubah menjadi folder yang kita harapkan, pilih Includes untuk memilih daftar folder.

2

3. Setelah itu akan muncul window Documents Library Locations. Pada gambar hanya ada dua folder yang tersedia, yakni My Documents dan Public Documents. Sedangkan yang menjadi ‘default save location‘-nya adalah My Documents.

3

 

4. Tambahkan lokasi folder yang akan kita jadikan sebagai default location dengan meng-klik Add.

3

 

5. Cari folder yang akan dijadikan default. Kemudian klik Include Folder. Sebagai contoh, saya menggunakan folder Tugas Kuliah dengan tujuan agar setiap file yang akan disimpan oleh Office tersimpan di folder tersebut.

4

 

6. Setelah muncul folder yang diinginkan, klik kanan pada folder tersebut kemudian klik Set as default save location.

5

 

7. Dan terakhir tinggal klik OK.

6

 

Nah, default penyimpanan Office kita sudah menjadi folder yang kita inginkan. Kalau ingin mengembalikan ke default save location semula, kita tinggal menghapus lokasi folder kita tadi dengan menggunakan remove saat diklik kanan. Ingat! Hapus lokasi folder yang berada di Libraries-Documents ya! Jangan folder aslinya! Bisa hilang semua dong datanya :D

Atau bisa dengan:

- klik kanan Documents dan pilih Properties

7

 

- maka akan muncul window Documents Properties, kemudian pilih folder yang akan dihapus dan klik Remove.

8

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s